Aksi Nyata Modul 1.1: Pemanfaatan Aplikasi Quizziz untuk Pembelajaran Matematika
Pengantar
Setelah mempelajari modul 1.1 yang mengupas filosofi Kihajar Dewantara, penulis menyadari signifikansinya untuk mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di kelas. Sejalan dengan semangat mengikuti kemajuan zaman, penulis memutuskan untuk mengadopsi Aplikasi Quizziz sebagai sarana pendukung pembelajaran. Beberapa fitur yang dimanfaatkan meliputi penyajian/presentasi materi, kuis interaktif, serta permainan pembelajaran, semua bertujuan untuk menambah daya tarik dan keceriaan dalam kelas. Melalui penerapan teknologi ini, harapan penulis adalah terciptanya lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan mendorong keterlibatan aktif dari para murid.
Transformasi Pembelajaran
Interactive Learning (Pembelajaran Interaktif)
Dalam proses transformasi ini, muncul gagasan dan konsep baru terkait pendekatan tradisional dalam mengatur pengetahuan di dalam kelas. Sebelumnya, murid-murid harus menyelesaikan latihan atau tugas dalam buku kerja atau melalui ujian tulis konvensional/kertas. Namun, dengan perubahan ini, semua hal tersebut menjadi tidak relevan lagi karena adopsi solusi pembelajaran yang interaktif melalui Aplikasi Quizziz. Saat ini, murid-murid mampu dengan mudah menyimpan dan mengelola pengetahuan mereka dalam bentuk digital, memungkinkan kerjasama dengan rekan sekelas, dan mengaksesnya kapan pun dan di mana pun melalui perangkat digital mereka. Perubahan ini memberikan kemudahan dan efisiensi dalam mengelola pengetahuan serta menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih modern dan berkelanjutan bagi murid-murid.
Persiapan Pembelajaran
Diskusi Rekan Sejawat
Sebagai langkah awal, saya melakukan pendekatan rekan sejawat Ibu Halimah, S.Pd. yaitu salah satu Guru Matematika di SMPN 1 Batang Hari untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka tentang penggunaan Aplikasi Quizziz. Dalam diskusi tersebut, saya menanyakan apakah mereka sudah familiar dengan fitur-fitur yang disediakan oleh Aplikasi Quizziz.
Merancang Modul Ajar
Proses KBM dengan Aplikasi Quizziz
Proses kegiatan belajar mengajar dimulai dengan persiapan kelas yang melibatkan ketua kelas untuk memimpin do'a dan salam. Setelah itu, saya sebagai pengajar menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu dan menjelaskan prosedur kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan. Para Murid tampak antusias dalam mendengarkan instruksi yang diberikan, dan saya meminta mereka untuk duduk sesuai dengan kelompok masing-masing.
Refleksi Kegiatan Belajar-Mengajar
Tantangan
Keterbatasan Akses Teknologi: Tidak semua murid memiliki perangkat digital atau akses internet yang stabil di rumah.
Solusi:
Sekolah dapat menyediakan fasilitas komputer di lingkungan sekolah atau bekerja sama dengan pihak lain untuk meminjamkan perangkat selama sesi pembelajaran.
Tantangan
Kendala Interaksi Langsung: Penggunaan teknologi mungkin mengurangi interaksi langsung antara guru dan murid.
Solusi:
Selalu upayakan untuk tetap menjaga komunikasi yang efektif dengan mengadakan sesi tanya jawab secara berkala untuk memberikan kesempatan bagi murid untuk bertanya dan berdiskusi.
Dengan mengidentifikasi tantangan dan menyediakan solusi yang sesuai, pembelajaran matematika menggunakan Aplikasi Quizziz dapat menjadi lebih efektif dan memungkinkan murid untuk tetap terlibat dan mengembangkan keterampilan matematika mereka secara optimal.
Testimoni dari Rekan Sejawat
Testimoni dari Murid
0 Response to "Aksi Nyata Modul 1.1: Pemanfaatan Aplikasi Quizziz untuk Pembelajaran Matematika"
Posting Komentar