JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
Mewujudkan Visi Guru Penggerak: Refleksi Modul 1.3 dalam Segitiga Refleksi
Setelah mengikuti seluruh kegiatan yang ada di Modul 1.3 tentang Visi guru penggerak akhirnya saya bisa sampai pada membuat Jurnal refleksi dwi mingguan. pada jurnal refleksi dwi mingguan pada modul 1.3 ini saya coba buat dengan menggunakan metode Segitiga Refleksi dengan gambaran seperti berikut:
Didalam membuat Refleksi segitiga terdapat 4 pertanyaan pemantik yang dapat kita gunakan dalam memandu kita untuk membuat refleksi kegiatan yang telah kita lalui, diantaranya adalah:
1. Kemampuan apa yang anda dapatkan setelah mempelajari modul 1.3 ini?
Setelah saya mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak ini, saya akhirnya mampu mengembangkan visi yang jelas dan terarah dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Visi tersebut adalah mewujudkan generasi bertaqwa, cerdas, terampil dan berwawasan global menuju profil pelajar pancasila. Saya menyadari pentingnya menguasai teknologi, memiliki daya saing, dan membentuk karakter yang baik pada murid. Oleh karena itu, saya berkomitmen untuk mengintegrasikan penggunaan edu-teknologi dalam pembelajaran sebagai salah satu langkah nyata dan prakarsa perubahan dalam mencapai visi tersebut.
Dalam perjalanan saya mengimplementasikan visi tersebut, saya melakukan berbagai upaya. Pertama, saya menyusun rencana pembelajaran yang memanfaatkan edu-teknologi secara aktif, seperti menggunakan aplikasi pembelajaran interaktif, platform daring, dan sumber belajar digital. Saya juga terus mencari dan mempelajari media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik murid dan materi pelajaran yang saya ampu.
Selain itu, saya aktif berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk saling bertukar pengalaman dan berbagi praktik baik dalam pemanfaatan edu-teknologi. Kami membentuk tim teaching yang berfokus pada pengembangan pembelajaran berbasis teknologi dan secara rutin mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan inovasi-inovasi pembelajaran terbaru.
Melalui upaya-upaya ini, saya berharap dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan membangun bagi murid. Saya percaya bahwa dengan konsistensi dan dedikasi dalam menerapkan prinsip-prinsip edu-teknologi, visi saya untuk mewujudkan murid yang bertaqwa, cerdas, terampil, berwawasan global menuju profil pelajar pancasila.
2. Apa perasaan anda setelah melakukan pembelajaran modul 1.3 ini?
Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran modul 1.3 tentang visi guru penggerak adalah antusias dan terinspirasi. Mulai dari ruang kolaborasi hingga elaborasi pemahaman sangat membuat saya bersemangat untuk menggali lebih jauh tentang visi sebagai pendidik.
Modul ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya memiliki visi yang jelas dan terarah dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Saya merasa termotivasi untuk mengembangkan visi yang dapat memberikan dampak positif bagi murid dan lingkungan sekolah.
Modul ini juga membuka wawasan saya terhadap pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Saya merasa terdorong untuk terus mempelajari dan menguasai edu-teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan murid dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks.
Selain itu, saya merasa terpacu untuk berkolaborasi dengan rekan sejawat dan membangun jaringan profesional yang kuat. Saya menyadari bahwa dalam mencapai visi tersebut, kerjasama dan dukungan dari lingkungan sekitar sangat penting. Perasaan saya saat ini adalah semangat dan siap menghadapi perubahan, serta berkomitmen untuk terus belajar dan berinovasi demi mencapai visi sebagai seorang guru penggerak.
Dengan pemahaman dan semangat baru setelah mengikuti modul ini, saya yakin bahwa perjalanan saya sebagai pendidik akan menjadi lebih berarti dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan murid dan sekolah.
3. Apa target anda selanjutnya setelah melakukan pembelajaran di modul 1.3 ini?
Setelah melakukan pembelajaran modul 1.3 tentang visi guru penggerak, target saya berikutnya adalah mengimplementasikan visi tersebut secara nyata dalam praktik pembelajaran sehari-hari. Saya ingin memastikan bahwa visi tersebut tidak hanya menjadi sebuah konsep atau wacana belaka, tetapi benar-benar terwujud dalam setiap interaksi dengan murid.
Saya akan fokus pada pengembangan kreativitas dan semangat belajar murid melalui pemanfaatan edu-teknologi. Saya akan terus mencari dan mengaplikasikan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik murid dan materi pelajaran yang sedang kami pelajari. Selain itu, saya juga akan mengadopsi pendekatan inquiry apresiatif untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan motivasi belajar murid.
Selain mengimplementasikan visi dalam pembelajaran, target saya berikutnya adalah melibatkan rekan sejawat dalam kolaborasi dan pertukaran ide mengenai pemanfaatan edu-teknologi. Saya ingin membangun tim komunitas pembelajaran yang solid dan saling mendukung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kami akan saling berbagi pengalaman, referensi, dan praktik terbaik dalam mengoptimalkan penggunaan edu-teknologi.
Selanjutnya, saya juga berkomitmen untuk terus mengembangkan diri dalam hal pemahaman tentang profil pelajar Pancasila. Saya akan mencari referensi dan berkonsultasi dengan ahli untuk memperdalam pemahaman saya tentang dimensi-dimensi yang terkandung dalam profil tersebut. Hal ini akan membantu saya dalam membentuk karakter murid yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Dengan target-target ini, saya berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan generasi bertaqwa, cerdas, terampil dan berwawasan global. Saya yakin bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan kolaborasi yang baik, visi guru penggerak ini dapat menjadi kenyataan dan memberikan dampak positif dalam perkembangan murid dan sekolah.
3. Apa yang anda pahamu setelah mempelajarai modul 1.3 ini?
Setelah pembelajaran modul 1.3 tentang visi guru penggerak, saya akhirnya memahami bahwa sebagai seorang guru, memiliki visi yang jelas dan berkomitmen untuk mewujudkannya adalah kunci penting dalam mencapai perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan. Visi guru penggerak tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran, tetapi juga pada pembentukan karakter murid yang bertaqwa, cerdas, terampil dan berwawasan global.
Saya menyadari bahwa visi guru penggerak tidak hanya berdampak pada diri saya sebagai pendidik, tetapi juga memberikan arah yang jelas bagi murid dan sekolah secara keseluruhan. Visi ini menjadi kompas yang membimbing tindakan dan keputusan dalam menjalankan pembelajaran. Dengan memiliki visi yang kuat, saya mampu menginspirasi murid, mengarahkan mereka untuk mencapai potensi terbaik mereka, dan membantu mereka menjadi individu yang berperan aktif dalam masyarakat.
Melalui pembelajaran modul 1.3, saya juga memahami pentingnya melibatkan rekan sejawat dalam menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Kolaborasi dan pertukaran ide dengan rekan sejawat menjadi sarana untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan saya dalam memanfaatkan edu-teknologi dalam pembelajaran. Saya menyadari bahwa pemanfaatan edu-teknologi tidak hanya menjadi tugas saya sebagai guru, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita sebagai komunitas pendidik.
Dengan pemahaman ini, saya merasa semakin termotivasi dan siap untuk menerapkan visi guru penggerak dalam praktik pembelajaran sehari-hari. Saya siap mengambil langkah-langkah nyata untuk mewujudkan visi tersebut, mulai dari merancang kegiatan pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan edu-teknologi, memberikan dukungan kepada murid dalam mengembangkan kreativitas dan semangat belajar, hingga melibatkan mereka dalam proyek-proyek yang membangun karakter dan wawasan global.
Saya percaya bahwa dengan komitmen, kerja keras, dan kolaborasi yang baik, visi guru penggerak ini akan membawa perubahan positif dalam diri saya, murid, dan lingkungan sekolah. Saya siap menghadapi tantangan dan terus belajar serta berkembang sebagai pendidik yang berdedikasi untuk menciptakan generasi yang bertaqwa, cerdas, terampil, berwawasan global, dan berkarakter profil pelajar pancasila.
Oleh : Santoso S
Fasilitator : Ibu Siti Maisyaroh, M,Pd,
Pengajar Praktik : Ibu Nurhayani Ritonga, S.Pd.
- Dokumentasi Ruang Kolaborasi Sesi Diskusi :
- Dokumentasi Ruang Kolaborasi Sesi Presentasi :
- Dokumentasi Elaborasi Pemahaman :
0 Response to "JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK"
Posting Komentar